kecilkan semua  

Teks -- Yesaya 1:12-31 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
1:12 Apabila kamu datang untuk menghadap di hadirat-Ku, siapakah yang menuntut itu dari padamu, bahwa kamu menginjak-injak pelataran Bait Suci-Ku? 1:13 Jangan lagi membawa persembahanmu yang tidak sungguh, sebab baunya adalah kejijikan bagi-Ku. Kalau kamu merayakan bulan baru dan sabat atau mengadakan pertemuan-pertemuan, Aku tidak tahan melihatnya, karena perayaanmu itu penuh kejahatan. 1:14 Perayaan-perayaan bulan barumu dan pertemuan-pertemuanmu yang tetap, Aku benci melihatnya; semuanya itu menjadi beban bagi-Ku, Aku telah payah menanggungnya. 1:15 Apabila kamu menadahkan tanganmu untuk berdoa, Aku akan memalingkan muka-Ku, bahkan sekalipun kamu berkali-kali berdoa, Aku tidak akan mendengarkannya, sebab tanganmu penuh dengan darah. 1:16 Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku. Berhentilah berbuat jahat, 1:17 belajarlah berbuat baik; usahakanlah keadilan, kendalikanlah orang kejam; belalah hak anak-anak yatim, perjuangkanlah perkara janda-janda! 1:18 Marilah, baiklah kita berperkara! -- firman TUHAN -- Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba. 1:19 Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu. 1:20 Tetapi jika kamu melawan dan memberontak, maka kamu akan dimakan oleh pedang." Sungguh, TUHAN yang mengucapkannya.
Hukuman atas Yerusalem
1:21 Bagaimana ini, kota yang dahulu setia sekarang sudah menjadi sundal! Tadinya penuh keadilan dan di situ selalu diam kebenaran, tetapi sekarang penuh pembunuh. 1:22 Perakmu tidak murni lagi dan arakmu bercampur air. 1:23 Para pemimpinmu adalah pemberontak dan bersekongkol dengan pencuri. Semuanya suka menerima suap dan mengejar sogok. Mereka tidak membela hak anak-anak yatim, dan perkara janda-janda tidak sampai kepada mereka. 1:24 Sebab itu demikianlah firman Tuhan, TUHAN semesta alam, Yang Mahakuat pelindung Israel; "Ha, Aku akan melampiaskan dendam-Ku kepada para lawan-Ku, dan melakukan pembalasan kepada para musuh-Ku. 1:25 Aku akan bertindak terhadap engkau: Aku akan memurnikan perakmu dengan garam soda, dan akan menyingkirkan segala timah dari padanya. 1:26 Aku akan mengembalikan para hakimmu seperti dahulu, dan para penasihatmu seperti semula. Sesudah itu engkau akan disebutkan kota keadilan, kota yang setia." 1:27 Sion akan Kubebaskan dengan penghakiman yang adil dan orang-orangnya yang bertobat akan Kubebaskan dengan tindakan yang benar. 1:28 Tetapi orang-orang yang memberontak dan orang-orang berdosa akan dihancurkan bersama, dan orang-orang yang meninggalkan TUHAN akan habis lenyap. 1:29 Sungguh, kamu akan mendapat malu karena pohon-pohon keramat yang kamu inginkan; dan kamu akan tersipu-sipu karena taman-taman dewa yang kamu pilih. 1:30 Sebab kamu akan seperti pohon keramat yang daunnya layu, dan seperti kebun yang kekurangan air. 1:31 Maka yang kuat menjadi seolah-olah kapas dan pekerjaannya menjadi seolah-olah bunga api; keduanya menimbulkan api dan tidak ada yang dapat memadamkan.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sion one of the hills on which Jerusalem was built; the temple area; the city of Jerusalem; God's people,a town and citidel; an ancient part of Jerusalem
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation


Topik/Tema Kamus: Tahir Dan Najis | Dosa Suatu Bangsa | Orang Fasik | Pohon Tarbatin | Bunuh Pembunuhan | Pohon Kayu Yang Dianggap Sebagai Berhala | Perak | Raya, Perayaan Bulan Baru | Raya, Perayaan Ulang Tahun | Tobat, Pertobatan | Yerusalem | Taman | Taat, Ketaatan Kepada Allah | Susah, Kesusahan Dijadikan Faedah | Berontak, Pemberontakan Kepada Allah | Janda | Sabat | Tanggalan | Doa | Logam | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yes 1:15 - AKU TIDAK AKAN MENDENGARKANNYA. Nas : Yes 1:15 Dosa di dalam kehidupan kita akan menyebabkan Allah berpaling dari doa-doa kita (lihat cat. --> Yak 4:3; lihat ...

Nas : Yes 1:15

Dosa di dalam kehidupan kita akan menyebabkan Allah berpaling dari doa-doa kita

(lihat cat. --> Yak 4:3;

lihat cat. --> 1Yoh 3:22;

[atau ref. Yak 4:3; 1Yoh 3:22]

lihat art. BERDOA DENGAN EFEKTIF).

Full Life: Yes 1:18 - MARILAH, BAIKLAH KITA BEPERKARA. Nas : Yes 1:18 Allah tidak ingin mengutuk dan membinasakan umat-Nya. Ia menawarkan pengampunan penuh jikalau mereka mau bertobat, membuang kejahata...

Nas : Yes 1:18

Allah tidak ingin mengutuk dan membinasakan umat-Nya. Ia menawarkan pengampunan penuh jikalau mereka mau bertobat, membuang kejahatan, berusaha melakukan yang benar, dan menaati firman-Nya (ayat Yes 1:16-19). Pengampunan Allah kini tersedia bagi semua orang, yang sekalipun telah berbuat dosa, mengakui dosa-dosa mereka, bertobat, dan menerima penyucian Allah melalui darah Yesus Kristus (Luk 24:46-47; 1Yoh 1:9). Orang yang menolak kemurahan Allah dan malah memilih untuk mengikuti jalannya sendiri dalam pemberontakan akan dibinasakan (ayat Yes 1:20).

Full Life: Yes 1:25 - MEMURNIKAN PERAKMU. Nas : Yes 1:25 Allah bermaksud membersihkan semua kejahatan dari umat-Nya dan memulihkan suatu kaum sisa yang bertobat (ayat Yes 1:18-19,26-27). Al...

Nas : Yes 1:25

Allah bermaksud membersihkan semua kejahatan dari umat-Nya dan memulihkan suatu kaum sisa yang bertobat (ayat Yes 1:18-19,26-27). Allah belum selesai berurusan dengan Yehuda (bd. Ezr 1:1-11; Ezr 5:2,14-16), karena Penebus seluruh umat manusia masih harus datang melalui umat pilihan ini. Sekalipun "Sion" (ayat Yes 1:27; yaitu, Yerusalem) akan dipulihkan, hanya mereka yang benar-benar berbalik kepada Allah akan diselamatkan dan tidak dibinasakan (bd. Yes 65:8-16).

BIS: Yes 1:18 - kamu ... kapas kamu ... kapas, atau: sangkamu Aku akan membasuh kamu bersih seperti kapas?

kamu ... kapas, atau: sangkamu Aku akan membasuh kamu bersih seperti kapas?

BIS: Yes 1:29 - kebun-kebun untuk dewa-dewa kebun-kebun untuk dewa-dewa: Kebun yang dikhususkan kepada dewa kesuburan supaya menghasilkan panen yang banyak.

kebun-kebun untuk dewa-dewa: Kebun yang dikhususkan kepada dewa kesuburan supaya menghasilkan panen yang banyak.

Jerusalem: Yes 1:10-20 - -- Nubuat ini agaknya diucapkan nabi Yesaya pada awal karyanya, sebelum th 735. Sama seperti Amo 5:21-27 Yesaya mengecam ibadat lahiriah yang tidak berji...

Nubuat ini agaknya diucapkan nabi Yesaya pada awal karyanya, sebelum th 735. Sama seperti Amo 5:21-27 Yesaya mengecam ibadat lahiriah yang tidak berjiwa lagi. Kecaman serupa sekali lagi diucapkan dalam Yes 29:13-14. Nubuat ini oleh Yesus dikutip untuk mencela orang Farisi, Mat 15:8-9.

Jerusalem: Yes 1:15 - tanganmu penuh dengan darah Yaitu dengan darah binatang korban tercampur dengan darah orang tidak bersalah yang dibunuh, bdk Yes 59:3.

Yaitu dengan darah binatang korban tercampur dengan darah orang tidak bersalah yang dibunuh, bdk Yes 59:3.

Jerusalem: Yes 1:17 - anak-anak yatim Yatim piatu dan janda termasuk golongan yang paling lemah ekonominya. Mereka dilindungi oleh hukum Taurat Kel 22:21-22; Ima 19:34-35; Ula 10:18; 14:29...

Yatim piatu dan janda termasuk golongan yang paling lemah ekonominya. Mereka dilindungi oleh hukum Taurat Kel 22:21-22; Ima 19:34-35; Ula 10:18; 14:29; 27:19, dll, dan dibela oleh para nabi, Yer 7:6; 22:3. Sebaliknya bdk Yes 1:23; 9:16; Yer 49:11; Yeh 22:7.

Jerusalem: Yes 1:18 - akan menjadi putih Sama seperti penghakiman, Maz 9:9, demikianpun pengampunan dosa merupakan karya Allah, Kel 34:6+; Hos 11:8-9. Terdorong oleh belas kasihannya Tuhan me...

Sama seperti penghakiman, Maz 9:9, demikianpun pengampunan dosa merupakan karya Allah, Kel 34:6+; Hos 11:8-9. Terdorong oleh belas kasihannya Tuhan mengakhiri dosa manusia dan dengan demikian memulihkan hubungan tepat antara manusia dengan diri Tuhan. Tidak ada dosa apapun yang dapat membatasi bela kasihan Tuhan, Maz 130. Allah hanya menurut manusia mengakui dirinya berdosa lalu menyesal, Yes 57:15; Maz 19:13; 25:11,18; 32:1-11+; Maz 32:1,5; 51:17-18, dll, dan secara batiniah bertobat, kembali kepada Tuhan Yer 3:14; Yeh 18:30-32:11; bdk Yes 30:18 dst; Rat 5:21. Pengampunan dosa menjadi ciri khas zaman Mesias pula, Yer 31:31+; bdk Yeh 36:25-26. Yesus ternyata mengampuni dosa orang Mar 2:5-11 dsj.

Jerusalem: Yes 1:20 - pedang Ini melambangkan serangan musuh dengan segala akibat jeleknya. Ini baru berupa ancaman dan dengan menaklukkan diri kepada Tuhan umat masih dapat melup...

Ini melambangkan serangan musuh dengan segala akibat jeleknya. Ini baru berupa ancaman dan dengan menaklukkan diri kepada Tuhan umat masih dapat meluputkan diri, Yes 1:19

Jerusalem: Yes 1:20 - TUHAN yang mengucapkannya Bdk Yes 40:5; 58:14; Mik 4:4.

Jerusalem: Yes 1:21-28 - -- Nubuat ini berupa ratapan atas Yerusalem.

Nubuat ini berupa ratapan atas Yerusalem.

Jerusalem: Yes 1:21 - menjadi sundal Pikiran tentang "persundalan Yerusalem" (umat) ini mengingatkan nubuat nabi Hosea, Yes 1:2+, dan lebih jauh diperkembangkan dalam kiasan yang tercantu...

Pikiran tentang "persundalan Yerusalem" (umat) ini mengingatkan nubuat nabi Hosea, Yes 1:2+, dan lebih jauh diperkembangkan dalam kiasan yang tercantum dalam Yer 3:6-13; Yeh 16:23; bdk Yer 2:20. Persundalan Yerusalem di masa sekarang dilawankan dengan kesetiaannya dahulu. Setelah dibersihkan oleh hukum, umat kembali menjadi setia, Yes 1:26.

Jerusalem: Yes 1:26 - kota yang setia Nama diri seseorang atau sesuatu menentukan hakekat orang atau barang itu dan juga menentukan hal ihwalnya kelak, bdk nama Yakub, Kej 25:26; 27:36, da...

Nama diri seseorang atau sesuatu menentukan hakekat orang atau barang itu dan juga menentukan hal ihwalnya kelak, bdk nama Yakub, Kej 25:26; 27:36, dan nama anak-anak Yakub, Kej 29:31-30:24, dll. Berubah nama berarti berubah panggilan, bdk Abraham, Kej 17:5, Israel, Kej 32:29, dll. Nama yang oleh seorang nabi diberikan merupakan sebuah pertanda berdaya, misalnya Yesaya, Yes 7:3 bdk Yes 10:21; 7:14; 18:1-3 (bdk Yes 8:18), dan Hosea, Yes 1:4,6,9,10-11; 2:22. Di masa mendatang kota Yerusalem akan mendapat nama-nama lain lagi yang berupa nubuat pula, Yes 60:14; 62:4,12; Yeh 48:35. Di sini Yerusalem yang baru (yang menyinggung Yes 1:21) ialah "Kota keadilan" dan "Kota kesetiaan". Menurut pandangan nabi Yesaya (dan Amos) keadilan pertama-tama berarti: mempertahankan hukum dan hak orang. Tetapi pengertian "keadilan/kebenaran" lebih luas artinya dari itu saja. Keadilan manusia adalah suatu penyertaan dalam keadilan Allah yang terkandung dalam kekudusanNya, bdk Yes 5:16+.

Jerusalem: Yes 1:27-28 - -- Kedua ayat ini merupakan semacam komentar atas apa yang dikatakan di muka. Komentar yang agak dangkal itu mungkin ditambah oleh seorang murid nabi Yes...

Kedua ayat ini merupakan semacam komentar atas apa yang dikatakan di muka. Komentar yang agak dangkal itu mungkin ditambah oleh seorang murid nabi Yesaya.

Jerusalem: Yes 1:29-31 - -- Dalam bagian ini nabi Yesaya mengecam adat keagamaan yang menyangkut pohon angker. Jarang sekali nabi Yesaya mencela adat kebiasaan yang benar-benar k...

Dalam bagian ini nabi Yesaya mengecam adat keagamaan yang menyangkut pohon angker. Jarang sekali nabi Yesaya mencela adat kebiasaan yang benar-benar kafir, bdk Yes 2:6-8. Pohon-pohon angker itu tidak menjadi pujaan rakyat, tetapi menyangkut adat kebiasaan penduduk aseli negeri Kanaan, bdk Ula 12:2+. Adat kebiasaan yang salah itu tersebar luas baik di wilayah kerajaan Yehuda maupun di wilayah kerajaan Israel, bdk Yes 57:5; Yer 2:20; 3:6,13; 17:2; Yeh 6:13; 1Ra 14:23; 2Ra 16:4; 17:10.

Ende: Yes 1:12 - meng-indjak2 pelataran2Ku ialah sering mengundjungi baitullah untuk beribadah. Sama artinja:"menghadap wadjahKu".

ialah sering mengundjungi baitullah untuk beribadah. Sama artinja:"menghadap wadjahKu".

Ende: Yes 1:13 - persembahan penipu ialah kurban jang disertai kedjahatan. Kurbankan pada dirinja merupakan lambang kesediaan dan ketaatan kepada Allah. tanpa isi hati jang sedemikian it...

ialah kurban jang disertai kedjahatan. Kurbankan pada dirinja merupakan lambang kesediaan dan ketaatan kepada Allah. tanpa isi hati jang sedemikian itu kurban jang disertai kedjahatan. Kurbankan pada dirinja merupakan lambang kesediaan dan ketaatan kepada Allah. Tanpa isi hati jang sedemikian itu kurban "menipu" Allah serta mendjadi kebohongan belaka.

Ende: Yes 1:15 - tanganmu penuh dengan darah Artinja: penindasan dan pengisapan sosial, antara lain "pembunuhan di pengadilan".

Artinja: penindasan dan pengisapan sosial, antara lain "pembunuhan di pengadilan".

Ende: Yes 1:18 - -- Bahasa kiasan. Allah mengundang Jerusjalem untuk ber-sama2 menghadap hakim. Djika mau, maka tindakan itu mendjadi pengakuan kesalahannja dan permulaan...

Bahasa kiasan. Allah mengundang Jerusjalem untuk ber-sama2 menghadap hakim. Djika mau, maka tindakan itu mendjadi pengakuan kesalahannja dan permulaan pertobatan. Lalu dosa2 Jerusjalem akan diampuni, sekali pun pengampunan itu rupa2nja tak mungkin djuga, sebagaimana kain merah-ungu tidak dapat mendjadi putih.

Ende: Yes 1:21 - -- Jerusjalem (Israil) merupakan "isteri" Jahwe. Dengan murtad daripadaNja ia berdjinah bagaikan pelatjur. Djinah" itu per-tama2 penjembahan dewa2 kafir;...

Jerusjalem (Israil) merupakan "isteri" Jahwe. Dengan murtad daripadaNja ia berdjinah bagaikan pelatjur. Djinah" itu per-tama2 penjembahan dewa2 kafir; tapi djuga ketidakadilan sosial berarti murtad dari Jahwe (aj.22-23)(Yes 1:22-23). Djaman dahulu (masa Dawud) dianggap djaman sempurna.

Ende: Yes 1:22 - -- Bahasa kiasan. Artinja: Jang baik sudah mendjadi djahat; Israil jang sutji mendjadi buruk.

Bahasa kiasan. Artinja: Jang baik sudah mendjadi djahat; Israil jang sutji mendjadi buruk.

Ende: Yes 1:23 - jatim-piatu dan djanda adalah lambang jang lazim dipakai untuk menundjukkan kaum lemah, miskin dan jang tak mampu melindungi dirinja.

adalah lambang jang lazim dipakai untuk menundjukkan kaum lemah, miskin dan jang tak mampu melindungi dirinja.

Ende: Yes 1:24 - musuh, seteru Allah, ialah para pendosa.

Allah, ialah para pendosa.

Ende: Yes 1:25 - -- Bahasa kiasan: Artinja: Hukuman jang ditimpakan Allah pada Israil. Tapi Ia tidak bermaksud membinasakan umatNja, melainkan membersihkannja serta memul...

Bahasa kiasan: Artinja: Hukuman jang ditimpakan Allah pada Israil. Tapi Ia tidak bermaksud membinasakan umatNja, melainkan membersihkannja serta memulihkan kesutjian seperti dahulu (aj. 26)(Yes 1:26).

Ende: Yes 1:26 - -- Nama2 itu adalah sebutan beribarat. Hal sedemikian itu disukai Jesaja (bdk. Yes 7:14; 8:1; 7:3; 9:5; Lih. Hos 1:4,6,9; Yeh 48:35; Yes 60:14).

Nama2 itu adalah sebutan beribarat. Hal sedemikian itu disukai Jesaja (bdk. Yes 7:14; 8:1; 7:3; 9:5; Lih. Hos 1:4,6,9; Yeh 48:35; Yes 60:14).

Ende: Yes 1:29 - -- Si nabi mentjela adat kafir, jakni menjembah dan menghormati pohon keramat. Adat itu dahulu (dan sekarang) tersebar di-mana2.

Si nabi mentjela adat kafir, jakni menjembah dan menghormati pohon keramat. Adat itu dahulu (dan sekarang) tersebar di-mana2.

Ende: Yes 1:31 - jang tjegak ialah orang jang menjembah pohon, lalu merasa diri kuat. Tapi baik orangnja maupun ibadahnja akan dibinasakan.

ialah orang jang menjembah pohon, lalu merasa diri kuat.

Tapi baik orangnja maupun ibadahnja akan dibinasakan.

Endetn: Yes 1:18 - kirmisi diperbaiki menurut naskah Qumran dan terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai djamak.

diperbaiki menurut naskah Qumran dan terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai djamak.

Endetn: Yes 1:29 - kamu diperbaiki menurut Targum. Tertulis: "mereka".

diperbaiki menurut Targum. Tertulis: "mereka".

Ref. Silang FULL: Yes 1:12 - dari padamu · dari padamu: Kel 23:17; Ul 31:11

· dari padamu: Kel 23:17; Ul 31:11

Ref. Silang FULL: Yes 1:13 - membawa persembahanmu // sebab baunya // adalah kejijikan // bulan baru // mengadakan pertemuan-pertemuan · membawa persembahanmu: Ams 15:8; Yes 66:3; Hag 2:15 · sebab baunya: Yer 7:9; 18:15; 44:8 · adalah kejijikan: 1Raj 14:24; 1Raj 1...

· membawa persembahanmu: Ams 15:8; Yes 66:3; Hag 2:15

· sebab baunya: Yer 7:9; 18:15; 44:8

· adalah kejijikan: 1Raj 14:24; [Lihat FULL. 1Raj 14:24]; Mazm 115:8; Ams 28:9; Yes 41:24; Mal 2:11

· bulan baru: Bil 10:10; [Lihat FULL. Bil 10:10]

· mengadakan pertemuan-pertemuan: 1Taw 23:31

Ref. Silang FULL: Yes 1:14 - bulan barumu // dan pertemuan-pertemuanmu // Aku benci // beban bagi-Ku // telah payah · bulan barumu: Neh 10:33; Neh 10:33 · dan pertemuan-pertemuanmu: Kel 12:16; Im 23:1-44; Bil 28:11-29:39; Ul 16:1-17; Yes 5:12; 29:1; Ho...

· bulan barumu: Neh 10:33; [Lihat FULL. Neh 10:33]

· dan pertemuan-pertemuanmu: Kel 12:16; Im 23:1-44; Bil 28:11-29:39; Ul 16:1-17; Yes 5:12; 29:1; Hos 2:10

· Aku benci: Mazm 11:5; [Lihat FULL. Mazm 11:5]

· beban bagi-Ku: Ayub 7:12; [Lihat FULL. Ayub 7:12]

· telah payah: Mazm 69:4; Yes 7:13; 43:22,24; Yer 44:22; Mal 2:17; 3:14

Ref. Silang FULL: Yes 1:15 - menadahkan tanganmu // akan memalingkan // akan mendengarkannya // sebab tanganmu // dengan darah · menadahkan tanganmu: Kel 9:29; Kel 9:29 · akan memalingkan: Ul 31:17; Ul 31:17; Yes 57:17; 59:2 · akan mendengarkannya: Ul 1:45...

· menadahkan tanganmu: Kel 9:29; [Lihat FULL. Kel 9:29]

· akan memalingkan: Ul 31:17; [Lihat FULL. Ul 31:17]; Yes 57:17; 59:2

· akan mendengarkannya: Ul 1:45; [Lihat FULL. Ul 1:45]; 1Sam 8:18; [Lihat FULL. 1Sam 8:18]; Ayub 15:31; [Lihat FULL. Ayub 15:31]; Yoh 9:31; [Lihat FULL. Yoh 9:31]

· sebab tanganmu: Ayub 9:30; [Lihat FULL. Ayub 9:30]

· dengan darah: Yes 4:4; 59:3; Yer 2:34; Yeh 7:23; Hos 4:2; Yoel 3:21

Ref. Silang FULL: Yes 1:16 - Basuhlah // depan mata-Ku // berbuat jahat · Basuhlah: Rut 3:3; Rut 3:3; Mat 27:24; Yak 4:8 · depan mata-Ku: Bil 19:11,16; Yes 52:11 · berbuat jahat: Yes 55:7; Yer 25:5

· Basuhlah: Rut 3:3; [Lihat FULL. Rut 3:3]; Mat 27:24; Yak 4:8

· depan mata-Ku: Bil 19:11,16; Yes 52:11

· berbuat jahat: Yes 55:7; Yer 25:5

Ref. Silang FULL: Yes 1:17 - berbuat baik // usahakanlah keadilan // orang kejam // anak-anak yatim // perkara janda-janda · berbuat baik: Mazm 34:15; Mazm 34:15 · usahakanlah keadilan: Mazm 72:1; Mazm 72:1; Yes 11:4; 33:5; 56:1; 61:8; Am 5:14-15; Mi 6:8; Zef...

· berbuat baik: Mazm 34:15; [Lihat FULL. Mazm 34:15]

· usahakanlah keadilan: Mazm 72:1; [Lihat FULL. Mazm 72:1]; Yes 11:4; 33:5; 56:1; 61:8; Am 5:14-15; Mi 6:8; Zef 2:3

· orang kejam: Ul 14:29; [Lihat FULL. Ul 14:29]

· anak-anak yatim: Yes 1:23; Ayub 22:9; Mazm 82:3; 94:6; Yes 10:2

· perkara janda-janda: Kel 22:22; [Lihat FULL. Kel 22:22]; Yeh 18:31; 22:7; Luk 18:3; Yak 1:27

Ref. Silang FULL: Yes 1:18 - kita berperkara // seperti salju // seperti bulu · kita berperkara: 1Sam 2:25; 1Sam 2:25; Yes 41:1; 43:9,26 · seperti salju: Mazm 51:9; Mazm 51:9; Wahy 7:14 · seperti bulu: Yes 5...

· kita berperkara: 1Sam 2:25; [Lihat FULL. 1Sam 2:25]; Yes 41:1; 43:9,26

· seperti salju: Mazm 51:9; [Lihat FULL. Mazm 51:9]; Wahy 7:14

· seperti bulu: Yes 55:7

Ref. Silang FULL: Yes 1:19 - mau mendengar // negeri itu · mau mendengar: Ayub 36:22; Ayub 36:22; Yes 50:10; Yes 50:10 · negeri itu: Ul 30:15-16; Ezr 9:12; Mazm 34:11; Yes 30:23; 55:2; 58:14; 6...

· mau mendengar: Ayub 36:22; [Lihat FULL. Ayub 36:22]; Yes 50:10; [Lihat FULL. Yes 50:10]

· negeri itu: Ul 30:15-16; Ezr 9:12; Mazm 34:11; Yes 30:23; 55:2; 58:14; 62:9; 65:13,21-22

Ref. Silang FULL: Yes 1:20 - dan memberontak // oleh pedang // yang mengucapkannya · dan memberontak: 1Sam 12:15; 1Sam 12:15 · oleh pedang: Ayub 15:22; Ayub 15:22; Yes 3:25; 27:1; 65:12; 66:16; Yer 17:27 · yang m...

· dan memberontak: 1Sam 12:15; [Lihat FULL. 1Sam 12:15]

· oleh pedang: Ayub 15:22; [Lihat FULL. Ayub 15:22]; Yes 3:25; 27:1; 65:12; 66:16; Yer 17:27

· yang mengucapkannya: Bil 23:19; Yes 21:17; 34:16; 40:5; 58:14; Yer 49:13; Mi 4:4; Za 1:6; Wahy 1:16

Ref. Silang FULL: Yes 1:21 - menjadi sundal // diam kebenaran // penuh pembunuh · menjadi sundal: Yes 57:3-9; Yer 2:20; 3:2,9; 13:27; Yeh 23:3; Hos 1:12-2:12 · diam kebenaran: Yes 5:7; 46:13; 59:14; Am 6:12 · ...

· menjadi sundal: Yes 57:3-9; Yer 2:20; 3:2,9; 13:27; Yeh 23:3; Hos 1:12-2:12

· diam kebenaran: Yes 5:7; 46:13; 59:14; Am 6:12

· penuh pembunuh: Ams 6:17; [Lihat FULL. Ams 6:17]

Ref. Silang FULL: Yes 1:22 - tidak murni · tidak murni: Mazm 119:119; Mazm 119:119

· tidak murni: Mazm 119:119; [Lihat FULL. Mazm 119:119]

Ref. Silang FULL: Yes 1:23 - adalah pemberontak // dengan pencuri // menerima suap // kepada mereka · adalah pemberontak: Yes 1:2; Yes 1:2 · dengan pencuri: Ul 19:14; Ul 19:14; Mi 2:1-2; 6:12 · menerima suap: Kel 23:8; Kel 23:8; ...

· adalah pemberontak: Yes 1:2; [Lihat FULL. Yes 1:2]

· dengan pencuri: Ul 19:14; [Lihat FULL. Ul 19:14]; Mi 2:1-2; 6:12

· menerima suap: Kel 23:8; [Lihat FULL. Kel 23:8]; Am 5:12

· kepada mereka: Yes 10:2; Yer 5:28; Yeh 22:6-7; Mi 3:9; Hab 1:4

Ref. Silang FULL: Yes 1:24 - Yang Mahakuat // melakukan pembalasan // para musuh-Ku · Yang Mahakuat: Kej 49:24; Kej 49:24 · melakukan pembalasan: Yes 34:2,8; 35:4; 47:3; 59:17; 61:2; 63:4; Yer 51:6; Yeh 5:13 · par...

· Yang Mahakuat: Kej 49:24; [Lihat FULL. Kej 49:24]

· melakukan pembalasan: Yes 34:2,8; 35:4; 47:3; 59:17; 61:2; 63:4; Yer 51:6; Yeh 5:13

· para musuh-Ku: Ul 32:43; [Lihat FULL. Ul 32:43]; Yes 10:3; [Lihat FULL. Yes 10:3]

Ref. Silang FULL: Yes 1:25 - terhadap engkau // akan memurnikan // akan memurnikan // segala timah · terhadap engkau: Ul 28:63 · akan memurnikan: Mazm 78:38; Mazm 78:38 · akan memurnikan: Mazm 119:119; Mazm 119:119 · sega...

· terhadap engkau: Ul 28:63

· akan memurnikan: Mazm 78:38; [Lihat FULL. Mazm 78:38]

· akan memurnikan: Mazm 119:119; [Lihat FULL. Mazm 119:119]

· segala timah: 2Taw 29:15; Yes 48:10; Yer 6:29; 9:7; Yeh 22:22; Mal 3:3

Ref. Silang FULL: Yes 1:26 - seperti dahulu // akan disebutkan // kota keadilan // kota · seperti dahulu: Yer 33:7,11; Mi 4:8 · akan disebutkan: Kej 32:28; Kej 32:28 · kota keadilan: Yes 32:16; 33:5; 46:13; 48:18; 61:...

· seperti dahulu: Yer 33:7,11; Mi 4:8

· akan disebutkan: Kej 32:28; [Lihat FULL. Kej 32:28]

· kota keadilan: Yes 32:16; 33:5; 46:13; 48:18; 61:11; 62:1; Yer 31:23; Za 8:3

· kota: Yes 4:3; 48:2; 52:1; 60:14; 62:2; 64:10; Dan 9:24

Ref. Silang FULL: Yes 1:27 - yang bertobat // yang benar · yang bertobat: Yes 30:15; 31:6; 59:20; Yeh 18:30 · yang benar: Yes 35:10; 41:14; 43:1; 52:3; 62:12; 63:4; Hos 2:18

Ref. Silang FULL: Yes 1:28 - orang-orang berdosa // yang meninggalkan // habis lenyap · orang-orang berdosa: Yes 33:14; 43:27; 48:8; 50:1; 59:2; Yer 4:18 · yang meninggalkan: Ul 32:15; Ul 32:15 · habis lenyap: Mazm ...

· orang-orang berdosa: Yes 33:14; 43:27; 48:8; 50:1; 59:2; Yer 4:18

· yang meninggalkan: Ul 32:15; [Lihat FULL. Ul 32:15]

· habis lenyap: Mazm 9:6; Yes 24:20; 66:24; Yer 16:4; 42:22; 44:12; 2Tes 1:8-9

Ref. Silang FULL: Yes 1:29 - mendapat malu // pohon-pohon keramat // karena taman-taman · mendapat malu: Mazm 97:7; Yes 42:17; 44:9,11; 45:16; Yer 10:14 · pohon-pohon keramat: Yes 57:5; Yeh 6:13; Hos 4:13 · karena tam...

· mendapat malu: Mazm 97:7; Yes 42:17; 44:9,11; 45:16; Yer 10:14

· pohon-pohon keramat: Yes 57:5; Yeh 6:13; Hos 4:13

· karena taman-taman: Yes 65:3; 66:17

Ref. Silang FULL: Yes 1:30 - yang daunnya · yang daunnya: Mazm 1:3; Mazm 1:3

· yang daunnya: Mazm 1:3; [Lihat FULL. Mazm 1:3]

Ref. Silang FULL: Yes 1:31 - menimbulkan api · menimbulkan api: Yes 4:4; 5:24; 9:17-18; 10:17; 24:6; 26:11; 30:27,33; 33:14; 34:10; 66:15-16,24; Yer 5:14; 7:20; 21:12; Ob 1:18; Mal 3:2; 4:...

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yes 1:10-15 - Kesia-siaan Ketaatan yang Hanya Berupa Upacara Keagamaan Belaka Kesia-siaan Ketaatan yang Hanya Berupa Upacara Keagamaan Belaka (1:10-15) Di sini, I. Allah memanggil mereka (tetapi memanggil dengan...

Matthew Henry: Yes 1:16-20 - Panggilan untuk Bertobat; Dorongan untuk Bertobat dan Memperbarui Diri Panggilan untuk Bertobat; Dorongan untuk Bertobat dan Memperbarui Diri (1:16-20) Walaupun Allah telah menolak ibadah-ibadah mereka sebagai tidak cu...

Matthew Henry: Yes 1:21-31 - Kebobrokan Yerusalem; Pembaruan Jemaat Kebobrokan Yerusalem; Pembaruan Jemaat (1:21-31) Di sini, I. Kebobrokan Yehuda dan Yerusalem yang menyedihkan diratapi dengan sangat ...

SH: Yes 1:10-20 - Stop sandiwara rohani (Rabu, 28 September 2011) Stop sandiwara rohani Perikop hari ini mengontraskan keadaan moral bangsa Israel dengan sandiwara ritual keagamaan yang mereka mainkan. Perhatikanlah...

SH: Yes 1:10-20 - Ibadah Tanpa Hati (Rabu, 18 Oktober 2017) Ibadah Tanpa Hati Banyak orang berpikir bahwa ibadah yang kita lakukan pasti disukai Allah. Pada kenyataannya, banyak orang melaksanakan ibadah sebag...

SH: Yes 1:10-20 - Aktivitas Agama yang Memuakkan Tuhan (Jumat, 2 Oktober 2020) Aktivitas Agama yang Memuakkan Tuhan Kita mungkin berpikir, jika kita banyak melakukan aktivitas agama seperti berdoa, membaca firman, mengikuti PA, ...

SH: Yes 1:1-20 - Lebih parah dari keledai. (Senin, 14 September 1998) Lebih parah dari keledai. Kasar terdengarnya ucapan tadi, namun begitulah penilaian Allah tentang umat-Nya. Binatang jinak memang memiliki kesetiaan ...

SH: Yes 1:1-17 - Pemberontakan (Senin, 6 Oktober 2003) Pemberontakan Ketika tulisan ini dibuat, keadaan di Nangroe Aceh Darussalam sedang begitu memprihatinkan. Ratusan sekolah dibakar, dan pert...

SH: Yes 1:1-17 - Akal budi dan nurani (Senin, 17 November 2008) Akal budi dan nurani Mengapa Tuhan membandingkan manusia dengan binatang? Padahal manusia adalah ciptaan mulia, gambar Allah yang melampaui semu...

SH: Yes 1:18-31 - Sebuah manuver (Selasa, 7 Oktober 2003) Sebuah manuver Dalam diri manusia terdapat keinginan untuk menyelamatkan diri dari bahaya dan kemauan untuk bertahan hidup. Ketika seseorang ...

SH: Yes 1:18-31 - Dimurnikan oleh Tuhan (Selasa, 18 November 2008) Dimurnikan oleh Tuhan Apa yang Allah akan perbuat demi memurnikan umat-Nya yang sudah terlanjur hidup dalam kebusukan dan kebobrokan moral? Jawa...

SH: Yes 1:21-31 - Umat Tuhan telah berubah. (Selasa, 15 September 1998) Umat Tuhan telah berubah. Sedih membaca bagian ini. Yerusalem yang dulu setia menjadi sundal. Kota yang tadinya penuh keadilan kini sarang pembunuh (...

SH: Yes 1:21-31 - Berdoa untuk pemulihan (Kamis, 29 September 2011) Berdoa untuk pemulihan Tudingan Yesaya bahwa Yerusalem telah menjadi pelacur (21) memang keras, namun benar! Umat Tuhan telah melacurkan dirinya kepa...

SH: Yes 1:21-31 - Perubahan (Kamis, 19 Oktober 2017) Perubahan Perubahan merupakan salah satu topik yang banyak didengungkan orang. Kita dapat melihatnya dalam dunia politik, sosial, keagamaan, dan lain...

SH: Yes 1:21-31 - Dibentuk atau Dihancurkan (Sabtu, 3 Oktober 2020) Dibentuk atau Dihancurkan Ketika Tuhan sudah berfirman, maka hanya ada dua respons yang bisa kita pilih, yakni menerima atau menolak. Tidak ada yang ...

Utley: Yes 1:10-15 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 1:10-1510 Dengarlah firman TUHAN, hai pemimpin-pemimpin, manusia Sodom! Perhatikanlah pengajaran Allah kita, hai rakyat, ma...

Utley: Yes 1:16-17 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 1:16-1716 Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku. Berhentilah berbua...

Utley: Yes 1:18-20 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 1:18-2018 Marilah, baiklah kita berperkara! - firman TUHAN - Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih sep...

Utley: Yes 1:21-23 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 1:21-2321 Bagaimana ini, kota yang dahulu setia sekarang sudah menjadi sundal! Tadinya penuh keadilan dan di situ selalu di...

Utley: Yes 1:24-26 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 1:24-2624 Sebab itu demikianlah firman Tuhan, TUHAN semesta alam, Yang Maha kuat pelindung Israel; "Ha, Aku akan melampiask...

Utley: Yes 1:27-31 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 1:27-3127 Sion akan Kubebaskan dengan penghakiman yang adil dan orang-orangnya yang bertobat akan Kubebaskan dengan tindaka...

Topik Teologia: Yes 1:15 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Keputusan Manusia untuk Kejahatan Kej 3:2-3,6 Kej 4:6-10 Kej 6:2,5 Kej 12:10-13,17-19 Kej 19:15,1...

Topik Teologia: Yes 1:16 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Yes 1:17 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Yes 1:18 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pemeliharaan-Nya Me...

Topik Teologia: Yes 1:19 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pemeliharaan-Nya Me...

Topik Teologia: Yes 1:20 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Existensi Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Yes 1:23 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama

Topik Teologia: Yes 1:24 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah Berperasaan Kej 6:6 Kel 20:5-6 Ula 32:35-43 Neh 9:31 Ayu 19:11 Maz 5:6-7 Maz 11:5...

Topik Teologia: Yes 1:25 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Antropomorfisme untuk Allah Tangan Kel 15:6 Kel 33:22-23 Ezr 7:9 Maz 8:7 Maz 21:9...

Topik Teologia: Yes 1:27 - -- Keselamatan Pertobatan Natur Pertobatan Pertobatan Memimpin Kepada Keselamatan Pertobatan dan Penebusan Y...

Topik Teologia: Yes 1:28 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Kejahatan Penghukuman Temporal Atas Orang-orang Fasik Peme...

Topik Teologia: Yes 1:29 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Bencana Sementara Ima 26:23-25 Ula 28:15 1Sa 12:25 Ayu 5:12-13 Ayu 15:20,27-29 Ayu 27:13,16-17 Maz 9:16-17 Ma...

Topik Teologia: Yes 1:31 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Bencana Sementara Ima 26:23-25 Ula 28:15 1Sa 12:25 Ayu 5:12-13 Ayu 15:20,27-29 Ayu 27:13,16-17 Maz 9:16-17 Ma...

TFTWMS: Yes 1:2-15 - Bangsa Itu Didakwa BANGSA ITU DIDAKWA (Yesaya 1:2-15) Perkataan Yesaya langsung kepada titik persoalan yang mengganggu bangsa itu, dalam satu dakwaan yang keras atas do...

TFTWMS: Yes 1:16-31 - Yerusalem Didakwa YERUSALEM DIDAKWA (Yesaya 1:16-31) Seruan Kepada Pertobatan (ay. 16, 17) 16 "Basuhlah, bersihkanlah dirimu, Jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu y...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yesaya Tema : Hukuman dan Keselamatan Tanggal Penulisan: + 700-680 SM Latar Belakang Latar belakang sejarah bagi pel...

Full Life: Yesaya (Garis Besar) Garis Besar I. Berbagai Nubuat Mengenai Hukuman dan Teguran (Yes 1:1-35:10) A. Latar Belakang Nubuat Yesaya ...

Matthew Henry: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Nabi adalah sebuah gelar yang kedengarannya sangat hebat bagi orang-orang yang memahaminya, walaupun di mata dunia, banyak orang yang dimuliakan...

Jerusalem: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PARA NABI PENGANTAR Dalam Alkitab Ibrani kitab-kitab Yesaya, Yeremia, Yehezkiel dan kedua belas nabi lainnya merupakan suatu kelompok yang disebut &qu...

Ende: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Ende: Yesaya (Pendahuluan Kitab) JESAJA Pendahuluan Dalam terdjemahan ini kitab Jesaja djelas dibagi atas tiga bagian besar, jakni pasal 13-9, 40-55, 56-66. Bahkan bagian2 itu dipisah...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) JALAN KE LUAR DARI MASALAH YANG PALING BURUK (Yesaya 1:10-17) Masalahnya. Masalah paling buruk apakah yang seseorang dapat miliki? Apakah masalah itu...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Kitab Yesaya KATA PENGANTAR Yesaya adalah kitab pertama di dalam kelompok tulisan nabi-nabi di dalam Alkitab Indonesia kita. Kitab ini merupakan sa...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) "PENGHAKIMAN ALLAH & SAYA" Kitab Yesaya berisi banyak nubuatan tentang penghakiman bagi bangsa-bangsa lain dibandingkan dengan Israel dan Yehuda...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) "TINJAUAN PENUH YESAYA 1-39" RINGKASAN ATAS PASAL 1-39 Tuhan mengungkapkan kepada Yesaya pelbagai akibat mengerikan atas keputusan Ahas yang memint...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) RANGKUMAN PASAL 1-35(Yes 1-35) Pasal 35 menutup bagian pertama nubuatan Yesaya dengan harapan yang penuh percaya diri kepada Tuhan. Allah telah menu...

TFTWMS: Yesaya (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Yesaya dikutip tetapi tidak disebut namanya di Markus 4;12 dan Lukas 8:10. 2 J. Alec Motyer, The Prophecy of Isaiah: An Introduc...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) BAGAIMANAKAH ALLAH MENGULURKAN PENGAMPUNAN-NYA (Yesaya 1:18-20) Allah datang kepada bangsa yang berdosa, hancur, kepada bangsa yang memiliki pelbagai...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) NABI-NABI (Yesaya 1:30, 31) Jika siapa saja sekarang ini berkhotbah dengan cara seperti yang Yesaya lakukan, ia pasti akan dipecat. Namun begitu, say...

BIS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) YESAYA PENGANTAR Buku ini disebut menurut nama seorang nabi besar yang hidup di Yerusalem dalam bagian kedua abad kedelapan sebelum Masehi. Seluruhn

YESAYA

PENGANTAR

Buku ini disebut menurut nama seorang nabi besar yang hidup di Yerusalem dalam bagian kedua abad kedelapan sebelum Masehi. Seluruhnya dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. 1. Pasal 1-39 (Yes 1:1-39:8) berasal dari zaman ketika Yehuda, kerajaan selatan, diancam oleh Asyur, negara tetangga yang sangat kuat. Yesaya menyadari bahwa yang sesungguhnya mengancam kehidupan Yehuda bukanlah kekuatan Asyur, tetapi dosa bangsa Yehuda sendiri, karena bangsa itu tidak taat dan kurang percaya kepada Allah. Baik dengan kata-kata, maupun dengan perbuatan, Nabi Yesaya mendorong rakyat serta para pemimpin mereka untuk hidup menurut kehendak Allah dan berlaku adil. Ia mengingatkan bahwa umat Allah akan celaka dan binasa kalau tidak mau mendengarkan TUHAN. Yesaya juga meramalkan perdamaian dunia dan kedatangan seorang keturunan Daud yang akan menjadi raja yang diidam- idamkan.
  2. 2. Pasal 40-55 (Yes 40:1-55:13) berasal dari masa pembuangan orang-orang Yehuda di Babel. Mereka dalam keadaan hancur tanpa harapan. Yesaya memberitakan bahwa tak lama lagi Allah membebaskan umat-Nya dan membawa mereka pulang ke Yerusalem, untuk memulai suatu hidup baru. Tema penting bagian ini ialah bahwa Allah itu TUHAN yang menguasai sejarah, dan bahwa Ia merencanakan untuk mengutus umat-Nya ke segala bangsa yang akan diberkati melalui Israel. Ayat-ayat tentang "Hamba TUHAN" merupakan salah satu bagian yang paling terkenal dari Perjanjian Lama.
  3. 3. Pasal 56-66 (Yes 56:1-66:24) sebagian besar ditujukan kepada bangsa yang sudah kembali di Yerusalem. Mereka perlu diyakinkan lagi bahwa Allah akan memenuhi janji-janji-Nya kepada bangsa itu. Perhatian khusus diberikan kepada cara hidup yang benar dan keadilan; juga kepada cara merayakan hari Sabat, mempersembahkan kurban dan doa. Ayat-ayat penting ialah Yes 61:1-2 yang dipakai Yesus untuk menyatakan panggilan-Nya ketika Ia memulai tugas- Nya di dunia.

Isi

  1.  Peringatan dan janji
    Yes 1:1-12:6
  2.  Hukuman untuk bangsa-bangsa
    Yes 13:1-23:18
  3.  Pengadilan Allah terhadap dunia
    Yes 24:1-27:13
  4.  Peringatan lebih lanjut dan janji
    Yes 28:1-35:10
  5.  Raja Hizkia dari Yehuda dan orang-orang Asyur
    Yes 36:1-39:8
  6.  Pesan penuh janji dan harapan
    Yes 40:1-55:13
  7.  Peringatan dan janji
    Yes 56:1-66:24

Ajaran: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal Kitab Yesaya, anggota jemaat mengerti dan percaya bahwa anugerah Allah hanya dapat diperoleh di dalam Tuhan Yesus Kris

Tujuan

Supaya dengan mengenal Kitab Yesaya, anggota jemaat mengerti dan percaya bahwa anugerah Allah hanya dapat diperoleh di dalam Tuhan Yesus Kristus, yang menjelma menjadi "hamba" yang menderita dan mati sebagai korban dosa manusia.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yesaya.

Isi Kitab: Kitab Yesaya terbagi atas 66 pasal. Isi Kitab ini dibagi ke dalam dua bagian utama. Bagian pertama adalah nubuatan tentang hukuman yang akan jatuh atas bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain. Bagian kedua adalah penghiburan tentang anugerah Allah yang ada di dalam Yesus Kristus, di mana kelahiran, penderitaan dan kemenangan Yesus dinubuatkan dengan jelas.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yesaya

  1. Pasal 1-35 (Yes 1:1-35:10).

    Israel, Umat Allah yang tidak setia

    Pasal-pasal ini menjelaskan tentang beberapa hal penting berikut ini.

    1. Dosa bangsa ini (Yes 1:1-31; 3:1-26; 5:1-30).
    2. Keadaan masa depanny (Yes 2:1-22; 4:1-6; 9:1-21; 11:1-16; 12:1-6; 25:1-35:10).
    3. Panggilan nabi Yesaya (Yes 6:1-13).
    4. Raja-raja bangsa ini yang tidak percaya (Yes 7:1-25).
    5. Hukuman Allah atas bangsa-bangsa yang memusuhi-Nya.
      1. (1) Babel (pasal Yes 13:1-22; 14:1-32; 21:1-17).
      2. (2) Asyur (Yes 14:24-27).
      3. (3) Filistin (Yes 14:28-32).
      4. (4) Moab (pasal 15-16; Yes 15:1-16:14).
      5. (5) Damsyik (pasal 17; Yes 17:1-14).
      6. (6) Etiopia (pasal 18; Yes 18:1-7).
      7. (7) Mesir (pasal 19-20; Yes 19:1-20:6).
      8. (8) Arabia (Yes 21:13-17).
      9. (9) Tirus (pasal 23; Yes 23:1-18). (10) Edom (Yes 34:5-15). (11) Bangsa-bangsa di dunia (pasal 24-25; Yes 24:1-25:12).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yes 1:1-9. Sebagai gambaran dosa bangsa ini.
    2. Bacalah pasal Yes 1:10-20.
    3. Bacalah pasal Yes 2:1-5. Sebagai gambaran masa depan umat Allah.
  2. Pasal 36-39 (Yes 36:1-39:8).

    Hizkia, hamba Allah yang penakut

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yes 37:1-7. Ia sangat takut kepada raja Asyur.
    2. Bacalah pasal Yes 38:1-3. Ia sangat takut kepada kematian.
    3. Bacalah pasal Yes 39:1-8. Hizkia sangat takut kepada Babel, sehingga i memperlihatkan semua apa yang ada dalam kerajaannya.
  3. Pasal 40-66 (Yes 40:1-66:24).

    Nubuatan tentang Yesus Kristus, hamba Allah yang setia

    Dalam pasal-pasal ini, ada 3 bagian besar, yaitu:

    1. Pemberitaan tentang kemuliaan Allah dalam memberika penyelamatan dan penghiburan kepada bangsa Israe (pasal 40-48; Yes 40:1-48:22).
    2. Pemberitaan tentang kedatangan seorang penyelamat bangs Israel dan penyelamat bangsa lain. Dan juga pemberitaa tentang penderitaan yang akan dialami oleh penyelama (pasal 49-53; Yes 49:1-53:12).
    3. Pemberitaan keselamatan dan keadaan masa depan dala pemerintahan raja (Penyelamat) yang keka (pasal 54-66; Yes 54:1-66:24).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yes 40:1-11. Apakah yang terjadi dengan bangsa Israel?
    2. Perhatikanlah pasal 52 (Yes 52:1-15). Apakah yang terjadi dengan Penyelamat?
    3. Bacalah pasal Yes 66:22-24. Apakah yang terjadi pada masa depan?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Yesaya mengajarkan tentang kekudusan Allah, karena Allah juga menuntut hidup yang kudus dari umat-Nya.

  2. Kitab Yesaya mengajarkan bahwa kelahiran dan penderitaan dari Tuhan Yesus sudah menjadi rencana Allah.

  3. Kitab Yesaya menegaskan bahwa Yesus Kristus adalah perwujudan daripada Allah yang perkasa, Penasehat yang Ajaib, Bapa yang kekal, dan Raja Damai.

  4. Kitab Yesaya mengajarkan bahwa dunia akan mengalami masa penghukuman atau kehancuran.

  5. Kitab Yesaya menegaskan bahwa Kristus Yesus merupakan korban dari dosa- dosa manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Yesaya?
  2. Apakah isi Kitab Yesaya?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dar mempelajari Kitab Yesaya?

Intisari: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Keselamatan dan penghakiman PESANNYA"Yesaya" berarti "Tuhan adalah keselamatan" dan dia adalah nabi keselamatan. Namun, keselamatan dan penghakiman s

Keselamatan dan penghakiman

PESANNYA
"Yesaya" berarti "Tuhan adalah keselamatan" dan dia adalah nabi keselamatan. Namun, keselamatan dan penghakiman selalu bersama-sama dalam Alkitab; jika Anda tidak mau diselamatkan, maka Anda akan dihakimi. Oleh karena itu, Yesaya menggabungkan kedua tema ini: penghakiman (Yes 1:1-35:10) dan keselamatan (Yes 40:1-66:24). Kedua tema utama ini dipadukan dengan adanya bagian bersejarah tentang Raja Hizkia (Yes 36:1-39:8).

WAKTU
Yesaya menerima visinya pada masa pemerintahan empat orang raja yaitu Uzia, Yotam, Ahas dan Hizkia (Yes 1:1). Raja Uzia wafat pada tahun 740 sebelum Masehi (lihat Yes 6:1), dan Hizkia pada tahun 687 sebelum Masehi, dengan demikian visi-visi Yesaya mencakup kurun waktu setengah abad.

NUBUATAN
Yesaya adalah seorang nabi, bukan semata-mata seorang pengkhotbah dan Kitab Yesaya merupakan buku nubuatan, bukan hanya buku sejarah. Yesaya tidak hanya mampu menganalisis keadaan, tetapi juga mempunyai banyak visi. Nubuatan mengatakan bahwa ada Allah yang mengetahui hari depan dan yang mengungkapkan sebagian rencana-Nya kepada para nabi.

LATAR BELAKANG
Waktu Yesaya mulai bekerja, Israel sedang berada di ambang kehancuran. Dalam tahun 722 sebelum Masehi kerajaan utara dengan kesepuluh sukunya dikalahkan oleh bangsa Asyur (2Ra 17). Tetapi kerajaan selatan, Yehuda, sedang menuju nasib yang sama. Secara sosial, politis mereka sudah rusak, demikian juga iman percaya mereka. Kerajaan utama telah dihukum dan musnah. Tetapi, Yehuda berbeda. Negeri itu harus dihakimi, tetapi oleh karena adanya perjanjian abadi dengan Allah, maka Yehuda juga akan diselamatkan. Pada suatu saat, dari Yehuda akan datang seorang Hamba Tuhan, Sang Juruselamat yang akan menyelamatkan bukan hanya Yehuda, tetapi seluruh dunia.

CARA PENULISAN DAN KESATUAN
Menurut pasal Yes 1:1, penulisnya ialah Yesaya. Namun demikian, seringkali orang beranggapan bahwa ketiga bagian kitab Yesaya (Yes 1:1-35:10; Yes 36:1-39:8; Yes 40:1-46:13) ditulis oleh penulis yang berbeda-beda. Alasan ini didasarkan pada bentuk penulisan yang jelas berbeda antara pasal Yes 1:1-35:10 dengan bagian lain, juga munculnya nama-nama Bel dan Nebo, dewa-dewa Babel dan bahkan nama Koresy, penakluk dari kerajaan Babel dan nubuatan Yesaya mengenai kembalinya bangsa Yehuda dari pembuangan jauh sebelum pembuangan itu sendiri terjadi. Tetapi kitab itu sendiri menekankan mengenai kemampuan Allah untuk mengungkapkan hari depan (misalnya Yes 41:21-27; 42:8,9; 44:6-8; 48:3). Tidak ada bukti tertulis bahwa terdapat dua atau lebih kitab Yesaya dan tidak ada bukti tentang penulis-penulis lainnya. Perjanjian Baru mengutip dari berbagai bagian dari kitab ini dan mengacunya ke Yesaya.

Pesan

1. Kesucian
o Allah adalah "Allah Israel yang mahakudus". Yes 1:4; 5:19: 5:24; 10:20; 12:6; 17:7; 29:19
o Yesaya dipanggil oleh Allah yang kudus. Yes 6:3
o Allah memanggil Yesaya dari "Tempat yang mahakudus" dalam Rumah-Nya Yes 6:1-4
o Walaupun Yehuda akan dibinasakan, sisanya yang kudus akan diselamatkaan Yes 6:13
o Gunung Sion, tempat Yerusalem akan didirikan, harus menjadi gunung yang kudus. Yes 11:9; 27:13
o Menjadi suci berarti menjadi lain, "memisahkan diri"; ini adalah terjemahan kata "kudus" dari bahasa Ibrani dalam ayat ini. Yes 23:18
o "Jalan" yang ditempuh oleh umat Allah adalah jalan kekudusan. Dahulu salah satu panggilan untuk Kekristenan adalah "Jalan" (Kis 9:2; 19:9,23; 22:4; 24:22). Yes 35:8

2. Kebenaran
o Keadilan dan kebenaran berjalan bersama-sama. Orang yang "benar secara rohani" akan menjadi orang yang "adil dalam masyarakat" Yes 1:21
o Iman dan kebenaran juga berjalan berdampingan; iman kepada Allah membawa kita untuk bersikap benar terhadap Allah, yang akhirnya akan membuat kita menjadi adil, bijaksana terhadap orang lain. Yes 1:26
o Alkitab mengajarkan bahwa pada akhirnya kebenaran itu akan membawa kebaikan. Yes 3:10; 26:2
o Kebenaran merupakan ciri penghakiman Allah: Allah tidak terpengaruh oleh kekayaan atau kedudukan manusia. Yes 11:3,4
o Kebenaran tidak dapat "dipelajari" oleh orang yang melakukan kesalahan. Lingkungan yang baik dari seseorang tidak akan menjadikan orang itu baik. Yes 26:10
o Pemerintahan Mesias akan merupakan pemerintahan yang adil. Yes 32:1

3. Penghakiman
Menurut Yesaya ada dua macam penghakiman:
o Penghakiman manusia. Kita harus berlaku adil, terbuka, jujur dalam segala hal yang menyangkut penghakiman. Yes 1:17,21,26; 5:20-23; 10:1-4; 33:12-16
o Penghakiman Allah. Kita tidak dapat menghindari hal ini. Dengan cara inilah Allah membereskan hal-hal yang dipandang tidak adil dalam kehidupan. Yes 1:24-28; 2:6-21; 3:13-15; 5:18-30; 11:1-5; 28:16-29; 33:2-6

4. Hari kedatangan Tuhan
Hari kedatangan Tuhan erat hubungannya dengan penghakiman. Tetapi, Hari itu juga merupakan hari pada waktu segalanya dibereskan: damai memerintah. Kedua aspek dari Hari Kedatangan Tuhan inilah yang selalu menjadi tema Yesaya. Yes 2:6-22; 13:9-22; 22:5-14; 24:1-23; 2:1-5; 4:2-6; 11:1-16; 12:1-6; 14:1-8; 25:1-9

Penerapan

Penghakiman dan kasih Allah Bagian pertama nubuat Yesaya menyangkut penghakiman dan hal ini merupakan tema yang sering berulang dalam Alkitab. Dalam Kejadian 4 ada kisah mengenai penghakiman atas Kain, banjir dalam Kejadian 7, Sodom dan Gomora dalam Kejadian 19. Ada penghakiman atas Mesir dalam Keluaran 12 dan penghakiman atas bangsa Israel dalam Keluaran 32. Dalam Perjanjian Baru kita membaca kisah Ananias dan Safira dan mengenai raja Herodes dalam Kis 12. Elimas si tukang sihir mendapat ganjaran dalam Kis 13. Dan tentu saja ada gambaran mengenai penghakiman dalam Wahyu 20. Yesus bercerita mengenai kisah seorang kaya yang disiksa dalam neraka (Lukas 16). Namun demikian, banyak orang, bahkan orang Kristen, yang sukar menerima ide mengenai penghakiman ini. Yesaya mengemukakan dengan jelas mengenai dua aspek penghakiman yaitu: sekarang dan yang akan datang, sementara dan kekal. Pasal Yes 2 memfokuskan mengenai penghakiman akhir dan peringatan mengenai Hari itu, yaitu Hari Kedatangan Tuhan. Sebagian besar dari kita mempunyai suatu pengertian mengenai keadilan. Kita sering mengeluh, "Itu tidak adil". Penghakimanlah yang membuatnya adil. Nyatanya banyak terdapat hal yang tidak adil dewasa ini. Jika hidup ini memang berarti, maka hal itu baru dapat dirasakan setelah hidup itu berakhir. Kristus mati untuk membebaskan kita dari penghakiman semacam itu. Jika ada orang yang dihakimi maka hal ini disebabkan karena mereka menolak jalan keluar yang diberikan Allah. Tetapi umat Kristen harus tahu bahwa ada penghakiman selama hidup di dunia sekarang ini. Yesaya 3 memperingatkan Yehuda mengenai penghakiman yang akan terjadi masa itu, mengenai pengasingan dan pembuangan. Orang Kristen harus sadar akan kenyataan penghakiman selama di dunia ini (Ibrani 12:1- 29).

Tema-tema Kunci

1. Allah (pasal 6)
Pasal Yes 6 mencatat mengenai penglihatan yang diberikan kepada Yesaya untuk menunjukkan dengan jelas kepadanya siapakah Allah dan apa yang dikerjakan-Nya.
o Penglihatan (Yes 6:1-4): Apa ciri-ciri Allah seperti yang digambarkan di sini?
o Jawaban (Yes 6:5-7): Apa arti dari "mezbah pembakaran" dan dari mana asalnya (Keluaran 30:1-10)?
o Panggilan (Yes 6:8): "Siapakah yang akan Kuutus?" Allah mengutus dan mengundang para sukarelawan. Apa syarat pertama untuk menjadi misionaris? (Lihat juga Yohanes 20:21-23)?
o Kenyataan (Yes 6:9-13): Seorang utusan tidak dijamin mendapat sukses besar, tetapi ia dijamin untuk sukses dalam beberapa hal (lihat juga Yesaya 55:11). Referensi untuk ayat Yes 6:9 diambil dari Perjanjian Baru: Matius 13:1-17; Yohanes 12:23-43; Kisah 28:23-28; Roma 11:1-8.

2. Menafsirkan nubuatan (pasal 7)
Nubuatan biasanya diberikan kepada orang-orang tertentu pada suatu saat yang tertentu pula. Dalam menafsirkan suatu nubuatan kita harus mengajukan dua pertanyaan:
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi mereka?
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi kita?
Biasanya nubuatan mengacu kepada kejadian-kejadian pada saat nabi itu hidup dan masa yang akan datang. Demikian juga halnya dengan Yesaya 7:14. Baca dengan cermat Yes 7:1-25; 2Ra 15:27-16:9; 2Ta 28:1-21. Penggenapan pertama dari nubuatan itu terjadi ketika seorang wanita muda melahirkan seorang bayi dan pada saat bayi itu masih belum dapat memilih makanannya sendiri, tentara Israel dan Siria yang sedang mengepung Yehuda mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas. Penggenapan kedua terjadi pada waktu seorang perawan melahirkan bayi Kristus. Baca Matius 1:18-23.

3. Kebun anggur (pasal 5)
Umat Allah, bangsa Yahudi, membanggakan diri mereka sebagai pokok anggur Allah. Dalam masa Perjanjian Baru sebuah pokok anggur yang besar terbuat dari emas menghiasi tembok luar Rumah Allah. Pelajarilah pasal Yes 5. Apa yang dikerjakan oleh pemilik kebun anggur dalam kebun anggurnya? Oleh karena kisah ini merupakan perumpamaan, apa penafsiran Anda untuk semua yang dilakukannya? Seandainya kita adalah "kebun anggur" Allah, apa yang akan dilakukan-Nya atas kita? Mengapa pemilik kebun anggur itu melakukan segalanya seorang diri? Apa yang diharapkan Allah dari umat-Nya dewasa ini? Baca Matius 21:33-46; 20:1-16. Apa yang ditambahkan oleh pasal-pasal ini terhadap pengertian kita mengenai apa yang dilukiskan Yesaya?

YESAYA (2)

Keselamatan dan Hamba

Bagian Kitab Yesaya ini bertema keselamatan. Utusan Tuhan membawa penghiburan kepada umat-Nya. Penghakiman (Yes 1:1-39:8) tidak dapat dihilangkan dari setiap tulisan yang berhubungan dengan penyelamatan, tetapi pasal-pasal ini, Yes 40:1-66:24, membicarakan mengenai Allah yang siap untuk menyelamatkan, berapa pun harganya.

UNTUK SIAPA BERITA INI DITULIS? Pesan Yesaya terutama ditulis untuk bangsa Yehuda yang berada dalam pengasingan di Babel. Pengasingan ini merupakan konsekuensi dari Yesaya bagian pertama, "Penghakiman". Tetapi, sekarang Yesaya mendapat kata baru yaitu "keselamatan". Bangsa Yehuda di Babel tidak boleh putus asa: Allah akan menghampiri mereka dan mereka akan diselamatkan. Tentu saja pasal-pasal ini juga ditulis untuk kita juga. Babel merupakan suatu kota yang nyata, tetapi seringkali kata itu dipakai sebagai gambaran mengenai kerajaan Setan. Bangsa Yahudi berada dalam belenggu dosa, demikian juga halnya dengan kita; mereka perlu diselamatkan, begitu pula kita. Pesan ini ditulis buat mereka, juga untuk kita.

HAMBA TUHAN Empat pasal Yesaya disebut Nyanyian Hamba Tuhan: Yes 42:1-4; 49:1-6; 50:4-9; 52:13-53:12. Kata "hamba" dan panggilan "Hamba Tuhan" muncul dalam pasal Yes 41:8-53:12, dan pada kenyataannya kata "hamba" sangat sering ditemukan dalam seluruh kitab Yesaya. Hamba Allah digambarkaan dalam tiga cara: 1. Semua keturunan Abraham 2. Hanya keturunan Abraham yang setia 3. Seseorang yang tak bernama yang dalam Perjanjian Baru disebut Yesus

Perhatikan dengan saksama ayat-ayat Yes 49:1-6; 52:13-53:12. Kedua "nyanyian" ini merupakan gambaran seorang hamba yang bukan mewakili Israel, melainkan merupakan seorang oknum.

KERENDAHAN HATI ALLAH Pasal Yes 63:1-65:25 merupakan kesaksian yang luar biasa mengenai kerendahan hati Allah. Dalam pasal Yes 63 Yesaya menengok fakta sejarah untuk melihat apa yang telah dilakukan Allah bagi umat-Nya di masa lampau. Dalam pasal Yes 64 Yesaya memohon kepada Allah untuk menunjukkan bahwa Dia masih mempunyai kuasa yang sama. Bahkan Yesaya seakan-akan mempertanyakan keadilan Allah: "Ya Tuhan, janganlah murka amat sangat; janganlah mengingat-ingat dosa untuk seterusnya" (Yes 64:9). Pasal Yes 65:1-5 merupakan jawaban Allah. Dia memberi petunjuk kepada mereka yang tidak menanyakan-Nya; berkenan ditemukan oleh orang yang tidak mencari Dia; Dia menjawab mereka yang tidak memanggil nama- Nya; Dia menawarkan anugerah kepada orang-orang yang sungguh-sungguh telah berdosa.

Pesan

1. Penghibur ditawarkan kepada umat Allah
o Allah berbicara kepada Yesaya: suatu tugas baru diberikan: "Hiburkanlah umatku" Yes 40:1,2
o Dua suara yang berseru-seru: mereka mempersiapkan jalan, Yes 40:3,6
o Yesaya berkata. Suaranya hanya suara pengkhotbah yang putus asa. Tetapi "firman Allah tetap selama-lamanya". Yes 40:6-8
o Ada suara lain yang berseru-seru dan meminta supaya berita kelepasan itu diberitakan sekarang. Dia melihat Allah datang! Yes 40:9-11

2. Iman berarti iman kepada satu Allah saja
o Umat Allah dan apa yang dilakukan Allah. Tetapi ini tidak cukup untuk memberi kelepasan. Umat Allah harus memilih, Allah yang satu itu ataukah ilah-ilah yang lain. Yes 44:1-23
o Israel bangsa yang terpilih. Harus menjadi bangsa "yang lurus" ("Jeshurun" berarti "Yang lurus") Yes 44:1-5
o Allah Israel: Raja, Penyelamat, Allah yang Mahakuasa, Yang Pertama, Yang Terakhir, Satu-satunya, Batu Karang. Yes 44:6-8
o Pilihan lain: ilah-ilah yang tidak dapat memberi anugerah apa-apa, bahkan kepada pencipta mereka sendiri! Yes 44:9-20
o Saat pengambilan keputusan: "Kembalilah kepadaku". Masa lalu dapat diampuni, disapu bagaikan awan. Yes 44:21-23

3. Iman adalah iman pada kebesaran perbuatan Allah
o Hamba yang menderita. Allah yang diungkapkan kepada kita dalam Alkitab tidak bisa semata-mata mengampuni dosa. Dosa harus dilunasi, oleh si pendosa atau oleh Sang Penebus. Gereja Kristen selalu mengartikan ini sebagai Kristus. Yes 52:13-53:12
o Penderitaan dan kemuliaan. Pasal ini dimulai dengan kemuliaan; pada suatu hari Hamba Tuhan akan sangat ditinggikan (Filipi 2:1-11). Tetapi penderitaan dialami terlebih dahulu. Seperti terjadi pada Hamba Tuhan, maka demikian pula halnya dengan para hamba Tuhan sekarang ini. Yes 52:13-15
o Penderitaan. Masa kecil Hamba Tuhan tidaklah mudah (sebagai tunas dari tanah kering), hidup dan kematian-Nya pun tidak mudah. Tetapi, semua itu terjadi demi kita: kelemahan kita, kesusahan kita, pemberontakan kita, kejahatan kita. Yes 53:1-9
o Penjelasan. Penderitaan Hamba Tuhan ini bukan suatu yang kebetulan, bukan merupakan kegagalan keadilan: "Tuhan berkehendak meremukkan dia" Yes 53:10-11
o Kemuliaan. Kemudian Allah Bapa memanggil kembali Hamba-Nya yang "membagi-bagikan barang rampasan" dan kita kembali kepada akhir dari Nyanyian Hamba Tuhan: "Ia akan ditinggikan, disanjung dan dimuliakan". Yes 52:13, 53:12

Penerapan

Sifat Allah
Yesaya merupakan kitab misionaris. Allah telah memilih suatu bangsa untuk menjadi saksi-Nya. Tetapi kesaksian tentang Allah harus datang dari mereka yang mempunyai hubungan yang benar dengan Allah, hidup sesuai dengan kehendak Allah. "Kebenaran" merupakan kata yang sering dipakai oleh Yesaya untuk menggambarkan apa yang Allah kehendaki dari para saksi-Nya. Allah menuntut kesalehan dari umat-Nya. Allah itu "kudus", istimewa oleh karena itu umat-Nya pun harus istimewa. Masalah kita ialah bahwa kita tidak layak. Kita tidak melakukan apa yang benar. Keadaan ini diikuti oleh dua kemungkinan. Jika kita tidak dapat menghasilkan suatu kebenaran yang dituntut oleh Allah, dan jika Allah tidak melakukan apa-apa untuk membuat kita benar, maka hukuman tidak dapat dihindari. Dan ini merupakan berita buruk, sebab menurut Allah "perbuatan kita yang saleh" adalah seperti "kain kotor" (Yesaya 64:6). Sifat Allah juga terlihat jelas dengan adanya pemberitaan bahwa Allah mau membereskan masalah kita. Hamba Tuhan datang dan Dia menderita oleh karena pemberontakan kita, kejahatan kita (Yes 53:5). Kemudian Yesaya memberi gambaran jelas tentang Allah yang kudus, yang menuntut hal yang tidak mungkin yaitu kesalehan kita, dan kemudian Dia sendiri membuka jalan keselamatan bagi kita. Dan semua ini semata-mata karena anugerah Allah. Ada satu hal lagi yang perlu disebutkan, yaitu bahwa Allah itu tidak ada bandingan-Nya: "Dengan siapa engkau dapat membandingkan Aku? (Yes 40:18-25; 44:7; 46:5,9). Firman yang maha penting dewasa ini adalah Firman Allah sendiri: "Aku, Akulah Tuhan dan tidak ada Juruselamat selain daripada-Ku" (Yes 43:11).

Tema-tema Kunci

1. Hamba Tuhan
Bacalah dengan saksama pasal Yes 40-66 dan catatlah setiap kata yang mengacu pada "hambaku". Kemudian bagilah acuan ini ke dalam tiga kelompok: yang mengacu kepada "Yakub" atau "Israel"; bagian yang mengenai kesetiaan Yakub atau Israel, dan bagian yang mengacu kepada suatu oknum. Arti dari pengajaran Yesaya mengenai hamba digambarkan sebagai suatu segitiga dengan Israel berada di bagian paling bawah, sisa bangsa yang masih setia di tengah dan Mesias di puncak. Bagaimana hal ini dapat diaplikasikan dengan gereja? Pelajarilah "Hamba" yang terdapat dalam Perjanjian Baru seperti dalam Yohanes 13:1-20; Markus 10:32-45 dan Matius 10:24-42.

2. Keunikan Allah
Dari pasal Yes 40:1-49:26 kita menemukan hal-hal yang menunjukkan keunikan Allah. Dia bersifat unik:
o sebagai pencipta alam semesta;
o sebagai pemberi hidup kepada manusia;
o sebagai perencana hari depan;
o Allah dari perjanjian dan panggilan;
o satu-satunya Juruselamat dan Penebus.
Cocokkan pasal-pasal yang sesuai dengan pokok-pokok di atas.

3. Kebodohan pemujaan berhala
Ada tiga pasal yang membicarakan tema ini:
o Yes 40:18-24, berhala yang tidak dapat bergerak. Terbelenggu atau tertindih, tidak mempunyai ciri utama kehidupan, yaitu gerak.
o Yes 44:9-20, berhala yang tidak dapat memberikan berkat. Mereka bahkan tidak dapat memberkati para pandai besi dan tukang kayu yang menciptakan mereka!
o Yes 46:1-7, berhala yang menjadi beban. Pada waktu suatu kerajaan jatuh, maka dewa-dewa mereka diangkut ke pembuangan bersama-sama dengan rakyat mereka. Beban yang harus mereka pikul! Catatlah komentar Allah sendiri: tetapi Aku selalu menggendong kamu.
Bukan hanya ketiga pasal di atas yang membicarakan mengenai penyembahan kepada berhala. Carilah pasal-pasal lain. Apa yang diajarkan oleh Yesaya mengenai berhala? Apa hubungannya dengan agama-agama lain? Lihat Kis 19:21-41 dan Efesus 2:11-16.

4. Kedaulatan Allah Kita mudah melupakan bahwa Allah adalah Tuhan dari raja kafir Koresy sebagaimana juga Dia adalah Allah gereja. Perhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan Koresy (Yes 44:28; 45:1; 41:25; 46:11) dan lihatlah penggenapan dari nubuatan dalam 2Ko 3:6 dan Ezra 1. Tetapi mengapa harus repot-repot mencari kehendak Allah dalam hidup saya? Lihat Roma 12:1,2.

Garis Besar Intisari: Yesaya (Pendahuluan Kitab) [1] PENGHAKIMAN Yes 1:1-5:30 Yes 1:1-31Penghukuman; Yehuda bangsa pemberontak Yes 2:1-22Hari Kedatangan Tuhan: penghakiman yang akan datang Yes

[1] PENGHAKIMAN Yes 1:1-5:30

Yes 1:1-31Penghukuman; Yehuda bangsa pemberontak
Yes 2:1-22Hari Kedatangan Tuhan: penghakiman yang akan datang
Yes 3:1-26Yerusalem dan Yehuda: penghakiman pada saat itu
Yes 4:1-6Hari penghakiman: cabangnya
Yes 5:1-30Yehuda: Kebun anggur yang tidak berguna karena tidak berbuah

[2] VISI DAN PENGUTUSAN Yes 6:1-13

[3] IMMANUEL Yes 7:1-12:6

Yes 7:1-25Tanda-tanda Immanuel
Yes 8:1-22Tanda-tanda anak Yesaya sendiri
Yes 9:1-7Tanda Raja Damai
Yes 9:8-10:19Penghakiman: Israel dan Asyur
Yes 10:20-34Sisanya akan selamat
Yes 11:1-16Tunas, cabang dan panji-panji
Yes 12:1-6Nyanyian keselamatan

[4] MUSUH-MUSUH NEGERI Yes 13:1-24:23

Yes 13:1-14:23Melawan Babel I
Yes 14:24-27Melawan Asyur
Yes 14:28-32Melawan Filistin
Yes 15:1-16:14Melawan Moab
Yes 17:1-14Melawan Damsyik
Yes 18:1-7Melawan Etiopia
Yes 19:1-20:6Melawan Mesir
Yes 21:1-10Melawan Babel II
Yes 21:11-12Melawan Edom
Yes 21:13-17Melawan Arabia
Yes 22:1-25Melawan Yerusalem
Yes 23:1-18Melawan Tirus
Yes 24:1-23Sebuah nubuatan

[5] NYANYIAN KESELAMATAN Yes 25:1-27:13

[6] MUSUH ANAK-ANAK ALLAH Yes 28:1-31:9

Yes 28:1-29Nubuatan terhadap kerajaan utara
Yes 29:1-24Nubuatan terhadap kerajaan selatan
Yes 30:1-33Nubuatan terhadap bangsa yang keras kepala
Yes 31:1-9Nubuatan terhadap para oportunistis politik

[7] RAJA YANG MEMBAWA KEADILAN Yes 32:1-33:10

Yes 33:11-24 Raja yang ditinggikan
Yes 32:1-8 Raja dan kerajaannya
Yes 32:9-20Penghakiman, keadilan dan kebenaran
Yes 34:1-17Penghakiman dan bangsa bangsa
Yes 35:1-10Kerajaan damai

[8] SUMBANGAN BERSEJARAH Yes 36:1-39:8

Yes 36:1-22Ancaman Sanherib
Yes 37:1-20Reaksi Raja Hizkia
Yes 37:21-38Sanherib dikalahkan
Yes 38:9-20Nyanyian syukur raja Hizkia
Yes 39:1-8Utusan dari Babel

[1] PENGANTAR Yes 40:1-11

[2] ALLAH YANG TIDAK ADA BANDINGANNYA Yes 40:12-48:22

Yes 40:12-31Allah: dan kebodohan pemujaan patung I
Yes 41:1-24Allah: penolong bangsa Israel
Yes 41:25-29Allah: Tuhan hal-hal yang akan datang
Yes 42:1-9Hamba Tuhan!
Yes 42:10-17Nyanyian pujian bagi Allah
Yes 42:18-25Hamba yang buta dan bisu
Yes 43:1-13Allah: penyelamat Israel
Yes 43:14-28Hamba yang tidak berterima kasih
Yes 44:1-5Allah: Tuhan dan pemberi kehidupan
Yes 44:6-23Allah: dan kebodohan pemujaan patung II
Yes 44:24-45:7Koresy, hamba yang tidak mengenal Tuhan
Yes 45:8-13Allah: penjunan yang ahli
Yes 45:14-25Allah: Tuhan yang besar
Yes 46:1-13Allah: dan kebodohan pemujaan patung III
Yes 47:1-15Ratapan bagi Babel
Yes 48:1-22Israel yang tegar hati, Allah yang penyabar

[3] PENDERITAAN DAN KESELAMATAN Yes 49:1-55:13

Yes 49:1-6Hamba Tuhan II
Yes 49:7-26Keselamatan: Israel dipulihkan
Yes 50:1-3Israel: dipisahkan tetapi tidak pernah diceraikan
Yes 50:4-11Hamba Tuhan III
Yes 51:1-16Keselamatan dan kebenaran
Yes 51:17-23Keselamatan dan murka Allah
Yes 52:1-12Keselamatan dan pengampunan
Yes 52:13-53:12Hamba Tuhan IV
Yes 54:1-17Keselamatan: sekilas kemuliaan
Yes 55:1-13Keselamatan: undangan bagi yang dahaga

[4] MENGGUGAH SUARA HATI Yes 56:1-59:21

Yes 56:1-8Mengapa memisahkan orang asing?
Yes 56:9-57:13Mengapa tidak mengecualikan bangsa Israel?
Yes 57:14-21Panggilan untuk pertobatan
Yes 58:1-14Panggilan untuk berpuasa dengan benar
Yes 59:1-21Dosa, keselamatan dan Roh Allah

[5] KESELAMATAN SUDAH DATANG! Yes 60:1-63:6

Yes 60:1-22Nubuatan Yerusalem baru
Yes 61:1-11Nubuatan mengenai kemenangan
Yes 62:1-12Nubuatan mengenai Juruselamat
Yes 63:1-6Keselamatan dan penghakiman

[6] KERENDAHAN HATI ALLAH Yes 63:7-65:16

Yes 63:7-10Mengenang kembali: siapakah Allah?
Yes 63:11-64:12Gugatan: di manakah Dia sekarang?
Yes 65:1-16Jawaban: Aku selalu berada di sini

[7] SURGA DAN DUNIA YANG BARU Yes 65:17-66:24

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 2.40 detik
dipersembahkan oleh YLSA